REFLEKSI CERPEN (Analisis): "Dodolitdodolitdodolitbret" karya Seno Gumirah Aji Darma

Nama: Wildan T.R 

Judul : Dodolitdodolitdodolibret
Karya : Seno Gumirah Ajidarma

Mengisahkan seseorang yang merasa dirinya seorang guru yang mampu berdo’a dengan benar, berkelana untuk mengajarkan cara berdo’a dengan benar menurutnya. Memberi tahu hidup itu seperti apa, pokoknya ia merasa yang paling mengerti tentang hidup. Ia berpaham bahwa orang yamng mampu berdo’a dengan baik dapat berjlan di atas air.
Hingga suatu saat ia berkelana ke daerah pulau yang terletak di tengah danau yang luas sekali. Ia merasa bahwa sekua penduduk di sana pasti tidak dapat berdo’a dengan benar karena daerah yang terpencil, jauh dari desa lain. Sesampainya di pulau itu ia mengajarkan beberapa orang untuk berdo’a dengan benar, ia hampir putus asa karena ia kesulitan untuk memberikan ilmunya kepada mereka. Mereka sulit mengerti, bahkan cara berdo’a mereka seperti meminta kutukan ke diri mereka sendiri. Namun Kiplik tak patah semangat untuk mengajarkan cara berdo’a dengan benar.
Setelah berusaha dengan keras, Guru Kiplik berhasil membuat mereka dapat berdo’a dengan benar. Kemudia ia memutuskan untuk kembali. Ia mengambil galah dan menaiki sampan. Di tengah danau ia mendengar  beberapa orang memanggil namanya, ia menoleh dan terkejut. Orang-orang yang diajanya tadi berlari diatas air, mereka berteriak karena lupa cara berdo’a dengan benar menurut Guru Kiplik dan mengingunkan Guru Kiplik kembali.
Cerpen ini sungguh menyindir apa yang sering terjadi di sekitar kita. Sering kita menemui hal seperti itu. Seseorang yang merasa dirinya paling mampu di antara yang lain padahal terdapat orang yang lebih mampu daripada dia sendiri. Cerpen ini tidak terkesan menggurui, pengarang menyindir secara halus bahkan pembaca tak merasa bahwa cerpen ini tidak menyindir, dikemas dengan bahasa yang sederhana sehingga mudah dimengerti jalan ceritanya.
J.A.J

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah mengunjungi blog ini dan memberikan komentar.

CARA GRADING ATAU KATROL NILAI DENGAN SPREADSHEET ATAU EXEL

  Di atas adalah preview dokumen spreadsheet untuk grading atau katrol nilai dengan objektif. singkat saja, pasti yang cari sedang bingung k...